DI Yogyakarta Jadi Tuan Rumah PESPARAWI Nasional XIII "Harmony In Diversity"
11-Jun-2022 00:07

Daerah Istimewa Yogyakarta didapuk sebagai tuan rumah Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) tingkat nasional ke-XIII yang digelar 19-26 Juni 2022 mendatang.

Menjelang pelaksanaannya, Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kian gencar untuk merampungkan semua persiapan yang diperlukan, termasuk melakukan sosialisasi kegiatan kepada masyarakat di wilayah Yogyakarta .

Hal ini dipaparkan oleh Ketua Harian PESPARAWI Nasional XIII dalam konferensi pers peresmian logo dan tema PESPARAWI Nasional XIII di Yogyakarta pada Kamis (21/4/2022).


"Pemerintah Provinsi DIY mengapresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan Menteri Agama yang telah menunjuk Yogyakarta sebagai tuan rumah PESPARAWI Nasional XIII. Pemerintah Provinsi tengah mempersiapkan segala hal dan dukungan, sehingga PESPARAWI Nasional XIII di Yogyakarta dapat berjalan dengan baik dan sukses," kata Ketua Harian PESPARAWI Nasional XIII yang juga Sekretaris Daerah DIY, Drs Kadarmanta Baskara Aji dalam sambutannya.

Lebih lanjut Aji menambahkah, PESPARAWI Nasional XIII dapat menjadi momentum untuk menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia bahwa Yogyakarta adalah kota yang menjunjung toleransi dan keberagaman.


"Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar semua persiapan yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan acara nasional ini berjalan lancar dan dapat diselesaikan tepat waktu. PESPARAWI Nasional XIII akan menjadi salah satu tolak ukur penyelenggaraan acara nasional di masa pandemi, karena itu panitia akan memastikan seluruh rangkaian kegiatan PESPARAWI Nasional XIII selalu memperhatikan protokol kesehatan," bebernya mengenai persiapan DI Yogyakarta sebagai tuan rumah PESPARAWI.


Menurutnya, acara nasional yang akan dihadiri oleh ribuan peserta dari 34 provinsi dapat menjadi ajang untuk lebih memperkenalkan pariwisata, kebudayaan dan ragam kuliner Yogyakarta yang tentunya akan berdampak positif terhadap upaya pemulihan ekonomi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pasca pandemi.


Mengusung tema Harmoni dalam Keragaman atau Harmony in Diversity, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Kementerian Agama RI, Dr. Pontus Sitorus, S.PAK., M.Si berharap melalui acara ini dapat memupuk tali persaudaraan, rasa kebersamaan dan ungkapan kesetiaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta cerminan kebersamaan dan kesatuan umat Kristen di Indonesia pada umumnya. 

"Sesuai dengan tema PESPARAWI Nasional XIII, acara ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjadi penguatan toleransi antar umat beragama di Indonesia yang majemuk ini," ujar dia.