DIY Jadi Tuan Rumah Pesparawi XIII, Diprediksi 30 Ribu Tamu Akan Datang
10-Jun-2022 23:58

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji memprediksi ada 30 ribu orang dari seluruh Indonesia yang datang dalam event ini.


Sebelumnya, event itu seharusnya digelar pada 2021. Tetapi ditunda karena pandemi COVID-19.


"Saat ini kita sudah mempersiapkan segala sesuatu karena Pesparawi tahun ini dihadiri cukup banyak tamu dari luar daerah 34 provinsi sudah menyatakan keikutsertaannya, dengan mereka sudah siapkan jauh hari sebelumnya," kata Aji kepada wartawan, Kamis (21/4).


Aji yang juga menjadi Ketua Harian dalam event ini menjelaskan, jumlah peserta dari seluruh provinsi berjumlah 10 ribu. Namun, jumlah penggembira akan lebih banyak sehingga diperkirakan orang yang datang mencapai 30 ribu.


"Kebiasaan penyelenggaraan acara di Yogyakarta itu biasanya penggembiranya lebih banyak dari kontingennya. Nah kalau kita antisipasi yang hadir penggembiranya 2 kali lipat dari kontingen berarti kita kedatangan tamu 30 ribu tamu dari luar daerah," ujarnya.


Momen ini akan dimanfaatkan Yogyakarta dengan baik. Untuk penginapan misalnya, Pemda DIY bekerja sama dengan PHRI DIY.


Sementara UMKM seperti batik, souvenir dan lain sebagainya juga akan turut memberikan pelayanan terbaik.


"UMKM yang ada di Yogyakarta, batik, souvenir dan lain-lain kita siapkan prokes tetap terjaga tapi tamu bisa mendapatkan yang terbaik," jelasnya.



Lebih lanjut, mengenai sektor seperti kuliner dan oleh-oleh juga dipersiapkan dengan baik agar para tamu dan peserta membawa kesan yang positif saat pulang ke daerah masing-masing.


"Ini event rohani tapi penggembiranya banyak. Penggembiranya kan wisatawan juga. Dan dari informasi yang sudah kita terima mereka nanti ikut lomba 4 hari tapi booking tempat hotel 10 hari. Jadi kehadirannya resmi 4 hari tapi jalan-jalan 6 hari," pungkas Aji.